Tim yang Paling Sering Muncul di Final Euro

Tim yang Paling Sering Muncul di Final Euro

 Tim yang Paling Sering Muncul di Final Euro

Tim yang Paling Sering Muncul di Final Euro – Sepanjang sejarah hanya ada satu tim yang berhasil memenangkan piala Euro dan berhasil mempertahankannya. Tim ini adalah Spanyol yang berhasil memenangkan Euro pada tahun 2008 dan 2012. Kemenangan Spanyol pertama kali terjadi pada tahun 1964. Dan tim ini termasuk kedalam dua terbanyak memasuki final Euro. Mereka memasuki final sebanyak 4 kali dan berhasil memenangkan piala Euro sebanyak 3 kali. Dari sini bisa dilihat kejituan performa mereka selama 9 kali ajang Euro. Ada negara lain yang mencapai final dengan intensitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan Spanyol. Jerman adalah tim besar yang berhasil mendapatkan posisi finalis Euro 6 kali.

 

Dalam frekuensi finalis yang besar ini mereka juga berhasil meraih titel juara Euro dalam jumlah tertinggi pula. Jumlah kemenangan mereka pada saat ini berimbang dengan Spanyol. Pada ajang ini kedua tim besar ini memiliki alasan besar untuk memenangkan euro 2016. Tim Jerman memiliki keinginan besar mendapatkan gelar juara Euro untuk menyeimbangkan jumlah kemenangan Piala dunia mereka yang baru-baru ini meningkat menjadi 4 sedangkan jumlah titel Euro mereka hanya 3. Tim Spanyol juga memiliki motivasi besar karena mereka belum terkalahkan sejak 2008 dalam pertandingan final Euro. Berhasil mempertahankan kembali gelar juara Euro mereka jelas merupakan sesuatu yang akan menjadi kebanggaan besar bagi tim Spanyol dan memungkinkan mereka untuk mencetak rekor yang sulit diimbangi oleh negara manapun.

 

Jerman mengawali cerita kemenangan Euro mereka pada tahun 1972. Pada tahun ini mereka diwakili oleh Jerman Barat. Pada waktu itu tim yang dibentuk untuk Jerman Barat telah memiliki kemampuan yang baik dalam permainan bola dan mampu menguasai tim 8 besar yang lolos ke final. Mereka berhasil mengalahkan Inggris dengan mendapatkan agregat 3-1. Jumlah ini didapatkan dengan keberhasilan untuk memenangkan pertandingan dengan skor 3-1 di Berlin dan berhasil menahan Inggris imbang dikandangnya, London dengan skor 0-0. Jerman Barat berhasil mengalahkan Belgia yang pada saat itu menjadi tuan rumah dengan skor 2-1. Kemudian pada kompetisi final Jerman kembali menang melawan Uni Soviet dengan hasil pertandingan 3-0.

Gelar pertama ini merupakan kemenangan besar untuk tim Jerman Barat. Mereka juga mendapatkan penghargaan lain dari pemainnya yang menjadi top skor karena berhasil membuat 4 gol. Empat tahun kemudian Jerman berhasil tampil kembali pada final Euro 1976. Euro kali ini diselenggarakan di Yugoslavia. Kali ini Der Panzer tidak berhasil mendapatkan juara dan harus puas berada pada posisi kedua. Tim yang mengalahkan Jerman pada kompetisi kali ini adalah Ceko. Ini membuktikan bahwa Ceko memang bukanlah tim yang bisa dipandang remeh sejak jaman dahulu kala dan kemampuan Russia untuk memasuki final sebanyak 4 kali merupakan kontribusi dari Ceko karena tiga diantara kesempatan Russia di dalam final terjadi pada saat mereka masih bersatu dalam Uni soviet.

Pada saat pertandingan mereka menunjukkan kemampuan yang sangat baik dengan menghasilkan skor imbang 2-2. Uli Hoenes adalah pemain yang menjadi tumpuan kesalahan untuk kekalahan Jerman tahun 1976. Dia merasa bersalah karena dia ditempatkan sebagai penendang keempat dalam adu penalti tersebut dan pada situasi tersebut kedudukan skor penalti adalah 4-3. Otomatis Hoenes diharapkan mampu menyeimbangkan skor dengan tendangannya. Kesalahan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Antonin Panenka yang pada saat itu menjadi gelandang dalam tim Ceko. Dia berhasil menghasilkan tendangan yang sukses dan memenangkan adu penalti dengan skor 5-3. Pada tahun 1980 Jerman Barat kembali berhasil memasuki final dan membayar kesalahannya tersebut.

Pada event ini terdapat aturan bahwa tidak akan ada pertandingan Semifinal sehingga hasil dari penyisihan akan langsung dipertandingkan di final. Gelar kedua ini berhasil direbut setelah menghabisi tim Belgia dengan skor 2-1. Pada tahun 1984 dan 1988 Jerman menjadi tuan rumah dalam pertandingan Euro dan dalam kompetisi ini justru dia malah tertahan pada babak semifinal. Tahun 1992 Jerman kembali berlaga di pertandingan final namun kembali dikalahkan oleh Denmark dengan skor 0-2. (Tim yang Paling Sering Muncul di Final Euro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *